Jumat, 13 November 2009

contoh kutipan

2.1 Tema
Tema merupakan gagasan atau ide yang mendasari sebuah cerita. JU. Nasution membagi tema menjadi dua yaitu tema mayor dan tema minor, tema-tema yang ada dalam novel La Barka sebagai berikut.
2.1.1 Tema Mayor
Tema mayor merupakan tema besar yang melandasi cerita. Tema mayor novel La Barka adalah ketimpangan peran laki-laki mengakibatkan munculnya permasalahan perempuan.
Ketimpangan peran yang dimaksud di sini, peran sebagai seorang suami tidak dijalankan dengan baik sehingga menimbulkan konflik dalam rumah tangga maupun pada diri perempuan yang terlibat tersebut. Sikap suaminya mulai berubah sejak tahun ke tiga perkawinannya atau sejak anaknya lahir. Saat itu Rina mulai disibukkan sebagai seorang ibu yang mengurus bayinya. Rina sendiri tidak tahu apa yang menyebabkan suaminya itu berubah sikap. Bagi Rina anak merupakan tali pengikat kasih sayang antara seorang istri dengan suami. Tetapi yang didapatkannya sikap suaminya yang mulai kasar, seakan ia tidak mempedulikan kehadiran anaknya. Data di bawah ini menunjukkan tokoh Bonin tidak menjalankan perannya sebagai suami.
…Pada tahun ketiga, anak yang lahir, yang sebetulnya malahan menjadi pengikat halus antara suami dan istri, justru selalu menjadi alasan bagi suamiku untuk mencetuskan kemarahan atau ketidaksenangan hatinya. Sering kali dia pergi malam-malam, hanya disebabkan oleh tangis yang kedengaran lamat-lamat dari kamar bayi. Kalau aku meminta bantuannya agar diantar ke dokter untuk memeriksakan penyakit anak, dengan gusar dia menjawab, bahwa waktunya akan habis untuk mengurusi bayi. Ataukah itu semua hanya bersifat alasan yang dibikin-bikin? Dicari-cari untuk menutupi sesuatu yang sesungguhnya? (LB: 44)

Bagi Rina kekesalan Bonin, suaminya, hanyalah alasan yang dibuat-buat untuk menutupi sesuatu hal yang ia sembunyikan, sehingga perihal anaknya menjadi pelampiasan kemarahan yang sesungguhnya berasal dari luar rumah. Ia tidak menjalankan kewajibannya sebagai seorang suami. Seharusnya Bonin turut menjaga dan merawat anaknya. Tetapi perlakuan yang diperoleh Rina adalah hal sebaliknya. Suami Rina tidak memperhatikan keadaan psikologis Rina yang ingin diperlakukan selayaknya seorang istri. Hal ini yang menyebabkan Rina ingin berontak dan membalas perlakuan suaminya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar