Rabu, 11 November 2009

Cermat dalam Menyusun Proposal

Menulis Proposal untuk berbagai keperluan

Usulan Kegiatan diajukan untuk mendapat persetujuan dari pihak yang berwenang. Umumnya usulan kegiatan berisi program kerja yang berwewenang berhak memberikan persetujuan atau menolak usulan kegiatan sesuai peraturan yang berlaku dan kelayakan usulan yang disampaikan. Usulan kegiatan disampaikan dengan menyertakan surat pengant. Pihak yang berwenang selanjutnya memberikan balasan tertulis yang berisi persetujuan, saran-saran perbaikan usulan sebelum disetujui, atau penolakan atas usulan yang disampaikan
Rencana (program) Kegiatan berisi jabaran umum kegiatan yang akan dilakukan selama kurusn waktu tertentu. Misalnya selama satu tahun. Program kegiatan selanjutnya dijabarkan dalam bentuk program kerja yang akan dilaksanakan. Setiap kegiatan yang akan dilaksanakan direncanakan terlebih dahulu secaa matang dalam bentuk usulan kegiatan (Proposal). Untuk mendapatkan persetujuan pelaksanaan program kerja dari pihak yang berwenang, program kerja diusulkan terlebih dahulu secara tertulis dan menyeluruh dalam bentuk usulan kegiatan (proposal)

Dalam Membuat Proposal Anda harus mampu memahami beberapa hal di bawah ini
a. Pemilihan Program atau kegiatan
Kegiatan yang akan anda laksanakan merupakan program yang penting, perlu, atau mendesak. Hal ini kamu yakinkan dalam Latar belakang.
Latar belakang antara lain:
 Alasan-alasan pentignyauntuk melakukan kegiatan tersebut (baik secara praktis ataupun teoritis)
 Hal-hal yang melatarbelakangi perlunya kegiatan itu dilaksanakan.
b. Tujuan
Dalam bagian ini, disampaikan hal-hal positif yang dapat dicapai melalui kegiatan terebut.
c. Panitia Penyelenggara
Merupakan pihak-pihak/orang-orang yang terpilih sebagai pelaksana. Pihak-pihak ini haruslah mereka yang benar-benar dapat bekerja sama dengan baik.
d Alokasi Dana
Masalah perhitungan dana, umumnya membutuhkan diskusi yang cermat dan pernuh pertimbangan. Dalam Alokasi dana, pandai-pandailah mencari donatur/sponsor yang tidak terlalu mengika. Proposal memang lazim digunakan sebagai alat untuk mencari dana
e. Pelaksanaan
Penyusunan mata acara harus dilakukan dengan pertimbangan yang baik dan matang
Mengaplikasikan Prinsip-prinsip penulisan Referensi

Resensi Buku merupakan pertimbangan atau ulasan tentang sebuah buku. Dalam membuat resensi kita perlu melakukan penilaian terhadap kualitas buku, ditinjau dari berbagai segi. Penilaian yang dilakukan didasarkan pada argumentasi dan bukti yang dapat dipertanggungjawabkan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar