Minggu, 24 Oktober 2010

soal Ulangan Harian Kls XI

1. Perilaku sehat merupakan pilar yang paling utama. Hal ini karena komponen tersebut ternyata sangat berpengaruh pada kedua pilar lainnya. Seperti seseorang dengan perilaku sehat, tentu akan menjaga lingkungannya tetap sehat juga. Selain itu, dengan perilaku sehat, seseorang akan memanfaatkan fasilitas pelayanan kesehatan yang ada untuk memelihara kesehatannya. Ide pokok paragraf tersebut adalah ........
2. Percabangan suatu bahasa proto menjadi dua bahasa baru atau lebih, serta tiap-tiap bahasa baru itu dapat bercabang pula dan seterusnya, dapat disamakan dengan percabangan sebatang pohon. Pada suatu waktu batang pohon tadi mengeluarkan cabang-cabang baru, tiap cabang kemudian bertunas dan bertumbuh menjadi cabang-cabang baru. Cabang-cabang yang baru ini kemudian mengeluarkan ranting-ranting yang baru. Demikian seterusnya. Begitu pula percabangan pada bahasa.
Paragraf di atas menggunakan pola pengembangan ........
3. Gubernur DKI mengimbau warga dan aparat-pemda agar meningkatkan kewaspadaan. Klausa bawahan (anak kalimat) dari kalimat majemuk bertingkat di atas adalah ........
4. Hadirin yang saya hormati!
AssalamualaikumWr.Wb. Salam sejahtera untuk kita semua.Puji dan syukur kita panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Mahakuasa karena berkat dan rahmat-Nya, kita dapat berkumpul di tempat ini dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-73. Ikrar dari berbagai perkumpulan pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928 yaitu bertanah air satu, tanah air Indonesia . berbangsa satu, bangsa Indonesia , dan menjunjung bahasa persatuan yaitu bahasa Indonesia . Perlu kita renungkan kembali baik-baik mengenai makna Sumpah Pemuda.
Topik pidato tersebut adalah ........

5. Perhatiakan data buku ini!
No. Judul Buku Penulis Tahun Terbit/no Penerbit
1 Politik Perubahan Tanpa Perubahan
Politik. Ignas Kleiden, 2005/ No. 50 tahun XXXIII Majalah Tempo
Penulisan daftar pustaka yang tepat adalah......

6. Faktor penyebab seperti yang dipaparkan, diharapkan dapat bermanfaat bagi para orangtua, pendidik, dan terutama para remaja sendiri dalam berperilaku dan mendidik generasi berikutnya agar lebih baik. Dengan demikian, aksi-aksi kekerasan baik dalam bentuk agresi verbal maupun agresi fisik dapat diminimalkan atau bahkan dihilangkan. Mungkin masih banyak faktor penyebab lainnya yang belum dibahas di sini. Akhirnya, kita setidaknya berharap bahwa faktor-faktor agresi patut diwaspadai. Kalimat utama dalam kalimat ini terletak ....... Sehingga disebut......
7. Remaja miskin yang nakal merupakan akibat dari frustrasi yang berhubungan dengan banyaknya waktu menganggur,keuangan yang pas-pasan, dan adanya kebutuhan yang harus segera terpenuhi.
Tuliskan frase nominal dari kalimat di atas!
Kalimat di atas disebut kalimat?(berdasarkan hubungan antarklausanya)?
8.
1 Henry Guntur Tarigan, "Hukuman Tradisional pada Masyarakat Karo", Piso Surit, Juni 1981, p.3.
2 Henry Guntur Tarigan, "Hukuman Tradisional pada Masyarakat Karo", Piso Surit, Juni 1981, p.3.
3Andrew Hacker, "Who Killed Harry Gleason?", Atlantic, Dec. 1974, p. 53.
4 Andrew Hacker, "Who Killed Harry Gleason?", Atlantic, Dec. 1974, p. 55.
5 Henry Guntur Tarigan, "Hukuman Tradisional pada Masyarakat Karo", Piso Surit, Juni 1981, p.4.
6 Henry Guntur Tarigan, "Hukuman Tradisional pada Masyarakat Karo", Piso Surit, Juni 1981, p.4.
7 Andrew Hacker, "Who Killed Harry Gleason?", Atlantic, Dec. 1974, p. 55.
Betulkan penulisan catatan kaki di atas!
9.
Proposal
Bulan Bahasa dan Sastra
SMA Global Cendekia

1. Pendahuluan
2. Latar Belakang
3. ..........
4. Waktu dan Tempat Pelaksanaan
5. ...........
6. ...........
7. Susunan Kepanitiaan
8. ..............
9. Penutup
Lengkapilah bagian rumpang pada sistematika proposal kegiatan di atas!

10. Bacalah paragraf berikut.
Telepon genggam sudah banyak dimiliki masyarakat. Bahkan, dalam sebuah keluarga, hampir semua anggota keluarga memilikinya. Di samping memang sudah merupakan alat komunikasi yang mudah dibawa-bawa, pengoperasian telepon pun tidak sulit dan harganya terjangkau pula. Ada kemungkinan perkembangan alat ini pesat sekali karena hal-hal tersebut. Di tambah pula karena muncul variasi bentuk, merek, dan model baru. Oleh sebab itu, sekarang barang-barang tersebut sudah tidak dianggap barang mewah lagi.Pola pengembangan paragraf tersebut adalah .....

11. Perhatikanlah penggalan novel berikut.
Kang Lantip tersenyum. "Karena saya tidak percaya kepada sistem yang melahirkan dan membesarkan penguasa yang begitu kejam seperti Stalin. Sama dengan tidak percaya saya kepada sistem yang melahirkan Hitler dan Mussolini. Dan sudah tentu, juga tidak percaya kepada sistem yang melahirkan Amangkurat yang dengan kejamnya membunuh santri-santri. Sistem-sistem seperti itu mengandung bibitbibit kekerasan yang selalu akan mengambil korban ribuan orang yang tidak bersalah!!" Saya terkejut mendengar suaranya. Lantip, kakang saya, yang lemah lembut, sopan, penuh tata krama, dengan sekali tebas membabat tiga sistem kekuasaan yang besar. (Novel Para Priyayi, Umar Kayam: 290)
Amanat penggalan novel tersebut adalah ....
a. Jangan berprasangka buruk terhadap orang lain.
b. Kita harus menghargai sikap dan pendapat seseorang.
c. Setiap orang memiliki kelebihan.
d. Kita harus percaya kepada seseorang.
e. Kekuasaan menghasilkan kesewenangwenangan.

12 Ada dua macam sarana pendidikan, yaitu pendidikan formal dan pendidikan nonformal.
Pendidikan formal memiliki standar kurikulum yang sudah ditentukan oleh pemerintah, seperti SD, SLTP, SMU/SMK dan lain sebagainya. Pendidikan nonformal yang lebih dikenal dengan pendidikan luar sekolah seperti kursus-kursus, biasanya menyusun kurikulum sendiri yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kebijakan lembaga yang bersangkutan. Paragraf tersebut menggunakan pola pengem bangan eksposisi berjenis ....
a. analisis d. definisi
b. identifikasi e. klasifikasi
c. ilustrasi

13. Bacalah penggalan novel berikut.
Di tempat inilah terjadi peristiwa yang menyesatkan. Namun, Monang bertanggung jawab dan akan mengawininya. Dan kenyataannya lain. Ibu Monang telah menjodohkannya dengan gadis Batak pilihan ibunya. Monang sendiri tak kuasa menolaknya. Dia kawin dengan gadis pilihan ibunya. Sementara itu, janin yang dikandung Manen mengalami kelainan, bayi itu akan lahir cacat. (Novel Raumanen, Mariane Katopo)
Nilai yang dominan tersirat dalam penggalan novel tersebut adalah ....
a. budaya d. sosial
b. etika e. agama
c. moral

14. Banjir yang terjadi di sejumlah daerah belum mengancam produksi pangan. Luas areal yang teserang banjir dan juga puso tahun ini lebih kecil dibandingkan dengan tahun lalu. Sementara itu, berbagai kalangan mengingatkan impor beras merupakan kebijakan yang memukul kalangan petani.
Sekretaris Direktorat Jenderal Tanaman Pangan Departemen Pertanian, Sutarto Alimoeso, di Jakarta, Rabut tanggal 11 Januari yang lalu, mengatakan bahwa laporan yang diterima dari daerah menunjukkan banjir yang terjadi selama musim rendeng tahun ini belum mengancam produksi pangan karena areal yang terserang lebih kecil dibandingkan dengan tahun lalu.
Rangkuman yang tepat teks tersebut adalah …
a. Berbagai kalangan mengingatkan impor beras merupakan kebijakan yang memukul kalangan petani karena harga gabah menjadi turun.
b. Laporan Sekretaris Direktorat Jenderal Tanaman Pangan Departemen Pertanian, Sutarto Alimoeso, di Jakarta, Rabu tanggal 11 Januari yang lalu.
c. Banjir yang terjadi di sejumlah daerah belum mengancam produksi pangan karena areal yang terserang lebih kecil dibandingkan dengan tahun lalu.
d. Luas areal yang teserang banjir dan juga puso di berbagai daerah tahun ini lebih kecil dibandingkan dengan tahun lalu.
e. Bencana Banjir dan puso yang melanda berbagai daerah di Indonesia pada tahun ini belum dirasakan mengancam para petani karena lebih kecil.






15. Persoalan dan konflik Sara di Indonesia semakin hari makin berlarut-larut dan menjadi runyam. Ini akibat belum adanya kekuatan hukum yang tegas untuk menindak pelaku yang memicu timbulnya konflik Sara. Selain itu juga disebabkan aksebilitas informasi yang makin terbuka yang memungkinkan satu golongan masyarakat cepat bereaksi atas persoalan yang dihadapi masyarakat di tempat lain. Apalagi masalah Sara punya kecenderungan menggandakan dirinya dari persoalan kecil menjadi besar dan makin membesar yang tidak akan tuntas dalam waktu yang singkat. Hal itu dikemukakan presiden dalam Seminar Nasional Penanggulangan Konflik Sara untuk Mencegah Disintegrasi Bangsa di Makasar.
Simpulan paragraf tersebut adalah ...
a. Belum ada kekuatan hukum yang tegas untuk menindak pelaku yang memicu timbulnya konflik Sara.
b. Persoalan dan konflik Sara di Indonesia semakin hari makin berlarut-larut dan menjadi runyam.
c. Aksebilitas informasi yang makin terbuka memungkinkan satu golongan masyarakat cepat bereaksi.
d. Masalah Sara mempunyai kecenderungan menggandakan dirinya dari persoalan kecil menjadi besar.
e. Presiden mengemukakan konflik sara pada acara Seminar Nasional Penanggul di Makasar.
16.Topik paragraf tersebut adalah....
A.kekuatan hukum
B. penanggulangan konflik
C. aksebilitas informasi
D. disintegrasi bangsa
E. konflik sara
17. Kalimat berikut yang termasuk kalimat majemuk setara (koordinatif) adalah ........
a. Kami akan datang jika ada suatu undangan dan tugas dari kepala sekolah.
b. Mereka tidak mengakui perbuatannya karena tidak ingin namanya tercemar.
C.Gadis itu sangat cerdas, parasnya cantik, dan disenangi teman-temannya.
d. Gemuruh mempercepat hari menjadi gelap sehingga membuat pekerjaannya tidak selesai.
e. Orang yang kemarin datang ditangkap polisi karena kasus penipuan.

18.Ada tahap persiapan pementasan drama, seorang sutradara melakukan seleksi untuk memilih pemeran yang sesuai dengan peran yang akan dimainkan. Tahapan ini di sebut….
a. Akting
b. Casting d. Editing
c. Bloking e. Lighting

19. Pemerintah akan menindak tegas pelaku perusakan hutan. …pelaku perusakan tampaknya tak mempadulikannya. Kata penghubung yang tepat untuk menghubunhgkan kedua kalimat diatas adalah…
a.Jadi,
b. Dengan demikian, d. Akan tetapi
c. Kebalikannnya, e. Oleh karena itu

20. Satilawati : Pengecut! Sedikit diserang kritik orang, engkau hendak melarikan diri. Untuk menjaga nama supaya jangan merosot. Aku sudah maklum.
Ishak : (sambil menunjuk keluar) Pergi daripadaku. Engkau boleh memusuhi aku. Untuk cita – cita aku bersedia mengorbankan segalanya juga cintaku.
Watak tokok Ishak dalam penggalan drama di atas adalah….
a. Pemarah
b. Pembual
c. Pemberani
d. Sombong
e. Tidak bertanggung jawab

21. Kalimat dalam teks drama yang di tulis dalam kurung, tidak didialogkan, melainkan di aktingkan disebut….
a. Monolog
b. Pantomim
c. Prolog
d. Wacanang
e. Kramagung

Perhatikan kutipan novel berikut!
Papi mendadak menjadi tua. Dan lebih pendiam lagi dari semula. Tawaran dari Pangeran Hendraningrat untuk mengungsi ke rumahnya ditolaknya halus. Agaknya hati Papi sudah ikut runtuh pula dengan KNIL. Bahkan, Papi lalu pindah ke sebuah rumah kecil di kampung Patrabangsan. Hanya Mami yang sering ke Sala, sekedar berdagang apa yang dapat dijadikan sumber nafkah ketika itu. Kawan-kawan lama anak kolong semakin tercerai-berai. Papi tak banyak bicara tentang situasi, tetapi aku tahu ia menunggu kemenangan Sekutu dan kembalinya pemerintah Belanda. Orang-orang kampung Plengkung tahu Papi bekas kapten KNIL, orang berpangkat tinggi untuk ukuran masa itu. Tetapi, karena Papi biasa saja ikut hidup gotong royong dengan mereka, hidup kami tenteram terlindung. Bahkan, dapat dikatakan tak tampak, tenggelam. Rumah kami kecil tersembunyi di belakang bekas rumah opsir Belanda yang dulu berpangkat mayor dan yang tentunya sekarang didiami seorang perwira Jepang.
Burung- burung Manyar, Y.B. Mangunwujaya
22. Isi kutipan novel tersebut adalah ….
a. kekuatan seorang tokoh cerita dalam menghadapi pemerintahan Jepaang
b. kesemangataan tokoh cerita terhadap perjuanggan meraih kemerdekaan
c. kekecewaan seorang tokoh cerita atas kekalahan pemerintahan Belanda
d. kebencian seorang tokoh cerita terhadap kekuasaan zaman Jepang
e. pengharapan seorang tokoh cerita atas kembalinya pemerintahan Belanda
23. Amanat pengarang yang tersirat dalam kutipan novel tersebut adalah …
a. Berjuanglah dengan sepenuh hati demi persatuan bangsa Indonesia.
b. Raihlah kemerdekaan dengan semangat juang menghadapi musuh.
c. Usirlah penjajah bangsa Indonesia dengan mempersatukan bangsa.
d. Janganlah mengkhianati bangsa sendiri demi kebahagiaan diri sendiri.
e. Bersatu padulah dalam menghadang musuh agar kita menang.


24. Bacalah bacaan berikut.
Tahap pelaksanaan Pilkada meliputi penetapan daftar pemilih, pengumuman pendaftaran dan penetapan sangan calon, kampanye, masa tenang, emungutan suara,penghitungan suara, penetapan pasangan calon terpilih, serta pengusulan pasangan calon terpilih. Untuk menggunakan hak memilih, WNRI harus terdaftar sebagai pemilih dengan persyaratan tidak sedang terganggu jiwa/ingatannya dan tidak sedang dicabut hak pilihnya berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap. Meski telah terdaftar dalam daftar pemilih tapi pada saat pelaksanaannya ternyata tidak lagi memenuhi syarat, maka yang bersangkutan tidak dapat menggunakan hak pilihnya.
Paragraf tersebut menggunakan pola
pengembangan paragraf ....
a. naratif
b. deskriptif d. argumentatif
c. ekspositoris e. sebab-akibat

25. Bacalah paragraf berikut.
Telepon genggam sudah banyak dimiliki masyarakat. Bahkan, dalam sebuah keluarga, hampir semua anggota keluarga memilikinya. Di samping memang sudah merupakan alat komunikasi yang mudah dibawa-bawa, pengoperasian telepon pun tidak sulit dan harganya terjangkau pula. Ada kemungkinan perkembangan alat ini pesat sekali karena hal-hal tersebut. Di tambah pula karena muncul variasi bentuk, merek, dan model baru. Oleh sebab itu, sekarang barang-barang tersebut sudah tidak dianggap barang mewah lagi.Pola pengembangan paragraf tersebut adalah .....
a. naratif d. argumentatif
b. deskriptif e. sebab-akibat
c. ekspositoris



JAWABAN

1. Perilaku sehat merupakan pilar yang paling utama. Hal ini karena komponen tersebut ternyata sangat berpengaruh pada kedua pilar lainnya. Seperti seseorang dengan perilaku sehat, tentu akan menjaga lingkungannya tetap sehat juga. Selain itu, dengan perilaku sehat, seseorang akan memanfaatkan fasilitas pelayanan kesehatan yang ada untuk memelihara kesehatannya. Ide pokok paragraf tersebut adalah ........ Perilaku sehat merupakan pilar yang paling utama
2. Percabangan suatu bahasa proto menjadi dua bahasa baru atau lebih, serta tiap-tiap bahasa baru itu dapat bercabang pula dan seterusnya, dapat disamakan dengan percabangan sebatang pohon. Pada suatu waktu batang pohon tadi mengeluarkan cabang-cabang baru, tiap cabang kemudian bertunas dan bertumbuh menjadi cabang-cabang baru. Cabang-cabang yang baru ini kemudian mengeluarkan ranting-ranting yang baru. Demikian seterusnya. Begitu pula percabangan pada bahasa.
Paragraf di atas menggunakan pola pengembangan ........ANALOGI
3. Gubernur DKI mengimbau warga dan aparat-pemda agar meningkatkan kewaspadaan. Klausa bawahan (anak kalimat) dari kalimat majemuk bertingkat di atas adalah ........ agar meningkatkan kewaspadaan
4. Hadirin yang saya hormati!
AssalamualaikumWr.Wb. Salam sejahtera untuk kita semua.Puji dan syukur kita panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Mahakuasa karena berkat dan rahmat-Nya, kita dapat berkumpul di tempat ini dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-73. Ikrar dari berbagai perkumpulan pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928 yaitu bertanah air satu, tanah air Indonesia . berbangsa satu, bangsa Indonesia , dan menjunjung bahasa persatuan yaitu bahasa Indonesia . Perlu kita renungkan kembali baik-baik mengenai makna Sumpah Pemuda.
Topik pidato tersebut adalah ........ Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-73

5. Perhatiakan data buku ini!
No. Judul Buku Penulis Tahun Terbit/no Penerbit
1 Politik Perubahan Tanpa Perubahan
Politik. Ignas Kleiden, 2005/ No. 50 tahun XXXIII Majalah Tempo
Penulisan daftar pustaka yang tepat adalah...... Kleiden, Ignas. 2005.Politik Perubahan Tanpa Perubahan
Politik. ’Tempo’ No. 50 tahun XXXIII.

6. Faktor penyebab seperti yang dipaparkan, diharapkan dapat bermanfaat bagi para orangtua, pendidik, dan terutama para remaja sendiri dalam berperilaku dan mendidik generasi berikutnya agar lebih baik. Dengan demikian, aksi-aksi kekerasan baik dalam bentuk agresi verbal maupun agresi fisik dapat diminimalkan atau bahkan dihilangkan. Mungkin masih banyak faktor penyebab lainnya yang belum dibahas di sini. Akhirnya, kita setidaknya berharap bahwa faktor-faktor agresi patut diwaspadai. Kalimat utama dalam kalimat ini terletak ......akhir. Sehingga disebut......induktif
7. Remaja miskin yang nakal merupakan akibat dari frustrasi yang berhubungan dengan banyaknya waktu menganggur,keuangan yang pas-pasan, dan adanya kebutuhan yang harus segera terpenuhi.
Tuliskan frase nominal dari kalimat di atas! Remaja miskin,
Kalimat di atas disebut kalimat?(berdasarkan hubungan antarklausanya)?
8.
1 Henry Guntur Tarigan, "Hukuman Tradisional pada Masyarakat Karo", Piso Surit, Juni 1981, p.3.
2 Henry Guntur Tarigan, "Hukuman Tradisional pada Masyarakat Karo", Piso Surit, Juni 1981, p.3.
3Andrew Hacker, "Who Killed Harry Gleason?", Atlantic, Dec. 1974, p. 53.
4 Andrew Hacker, "Who Killed Harry Gleason?", Atlantic, Dec. 1974, p. 55.
5 Henry Guntur Tarigan, "Hukuman Tradisional pada Masyarakat Karo", Piso Surit, Juni 1981, p.4.
6 Henry Guntur Tarigan, "Hukuman Tradisional pada Masyarakat Karo", Piso Surit, Juni 1981, p.4.
7 Andrew Hacker, "Who Killed Harry Gleason?", Atlantic, Dec. 1974, p. 55.
Betulkan penulisan catatan kaki di atas!
9.
Proposal
Bulan Bahasa dan Sastra
SMA Global Cendekia

1. Pendahuluan
2. Latar Belakang
3. tujuan, ..........
4. Waktu dan Tempat Pelaksanaan
5. bentuk kegiatan...........
6. ...........
7. Susunan Kepanitiaan
8. anggaran dana..............
9. Penutup
Lengkapilah bagian rumpang pada sistematika proposal kegiatan di atas!

10. Bacalah paragraf berikut.
Telepon genggam sudah banyak dimiliki masyarakat. Bahkan, dalam sebuah keluarga, hampir semua anggota keluarga memilikinya. Di samping memang sudah merupakan alat komunikasi yang mudah dibawa-bawa, pengoperasian telepon pun tidak sulit dan harganya terjangkau pula. Ada kemungkinan perkembangan alat ini pesat sekali karena hal-hal tersebut. Di tambah pula karena muncul variasi bentuk, merek, dan model baru. Oleh sebab itu, sekarang barang-barang tersebut sudah tidak dianggap barang mewah lagi.Pola pengembangan paragraf tersebut berdasarkan letak gagasan utamanya adalah .....deduktif

11. Perhatikanlah penggalan novel berikut.
Kang Lantip tersenyum. "Karena saya tidak percaya kepada sistem yang melahirkan dan membesarkan penguasa yang begitu kejam seperti Stalin. Sama dengan tidak percaya saya kepada sistem yang melahirkan Hitler dan Mussolini. Dan sudah tentu, juga tidak percaya kepada sistem yang melahirkan Amangkurat yang dengan kejamnya membunuh santri-santri. Sistem-sistem seperti itu mengandung bibitbibit kekerasan yang selalu akan mengambil korban ribuan orang yang tidak bersalah!!" Saya terkejut mendengar suaranya. Lantip, kakang saya, yang lemah lembut, sopan, penuh tata krama, dengan sekali tebas membabat tiga sistem kekuasaan yang besar. (Novel Para Priyayi, Umar Kayam: 290)
Amanat penggalan novel tersebut adalah ....
a. Jangan berprasangka buruk terhadap orang lain.
b. Kita harus menghargai sikap dan pendapat seseorang.
c. Setiap orang memiliki kelebihan.
d. Kita harus percaya kepada seseorang.
e. Kekuasaan menghasilkan kesewenangwenangan.

12 Ada dua macam sarana pendidikan, yaitu pendidikan formal dan pendidikan nonformal.
Pendidikan formal memiliki standar kurikulum yang sudah ditentukan oleh pemerintah, seperti SD, SLTP, SMU/SMK dan lain sebagainya. Pendidikan nonformal yang lebih dikenal dengan pendidikan luar sekolah seperti kursus-kursus, biasanya menyusun kurikulum sendiri yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kebijakan lembaga yang bersangkutan. Paragraf tersebut menggunakan pola pengem bangan eksposisi berjenis ....
a. analisis d. definisi
b. identifikasi e. klasifikasi
c. ilustrasi

13. Bacalah penggalan novel berikut.
Di tempat inilah terjadi peristiwa yang menyesatkan. Namun, Monang bertanggung jawab dan akan mengawininya. Dan kenyataannya lain. Ibu Monang telah menjodohkannya dengan gadis Batak pilihan ibunya. Monang sendiri tak kuasa menolaknya. Dia kawin dengan gadis pilihan ibunya. Sementara itu, janin yang dikandung Manen mengalami kelainan, bayi itu akan lahir cacat. (Novel Raumanen, Mariane Katopo)
Nilai yang dominan tersirat dalam penggalan novel tersebut adalah ....
a. budaya d. sosial
b. etika e. agama
c. moral

14. Banjir yang terjadi di sejumlah daerah belum mengancam produksi pangan. Luas areal yang teserang banjir dan juga puso tahun ini lebih kecil dibandingkan dengan tahun lalu. Sementara itu, berbagai kalangan mengingatkan impor beras merupakan kebijakan yang memukul kalangan petani.
Sekretaris Direktorat Jenderal Tanaman Pangan Departemen Pertanian, Sutarto Alimoeso, di Jakarta, Rabut tanggal 11 Januari yang lalu, mengatakan bahwa laporan yang diterima dari daerah menunjukkan banjir yang terjadi selama musim rendeng tahun ini belum mengancam produksi pangan karena areal yang terserang lebih kecil dibandingkan dengan tahun lalu.
Rangkuman yang tepat teks tersebut adalah …
a. Berbagai kalangan mengingatkan impor beras merupakan kebijakan yang memukul kalangan petani karena harga gabah menjadi turun.
b. Laporan Sekretaris Direktorat Jenderal Tanaman Pangan Departemen Pertanian, Sutarto Alimoeso, di Jakarta, Rabu tanggal 11 Januari yang lalu.
c. Banjir yang terjadi di sejumlah daerah belum mengancam produksi pangan karena areal yang terserang lebih kecil dibandingkan dengan tahun lalu.
d. Luas areal yang teserang banjir dan juga puso di berbagai daerah tahun ini lebih kecil dibandingkan dengan tahun lalu.
e. Bencana Banjir dan puso yang melanda berbagai daerah di Indonesia pada tahun ini belum dirasakan mengancam para petani karena lebih kecil.






15. Persoalan dan konflik Sara di Indonesia semakin hari makin berlarut-larut dan menjadi runyam. Ini akibat belum adanya kekuatan hukum yang tegas untuk menindak pelaku yang memicu timbulnya konflik Sara. Selain itu juga disebabkan aksebilitas informasi yang makin terbuka yang memungkinkan satu golongan masyarakat cepat bereaksi atas persoalan yang dihadapi masyarakat di tempat lain. Apalagi masalah Sara punya kecenderungan menggandakan dirinya dari persoalan kecil menjadi besar dan makin membesar yang tidak akan tuntas dalam waktu yang singkat. Hal itu dikemukakan presiden dalam Seminar Nasional Penanggulangan Konflik Sara untuk Mencegah Disintegrasi Bangsa di Makasar.
Simpulan paragraf tersebut adalah ...
a. Belum ada kekuatan hukum yang tegas untuk menindak pelaku yang memicu timbulnya konflik Sara.
b. Persoalan dan konflik Sara di Indonesia semakin hari makin berlarut-larut dan menjadi runyam.
c. Aksebilitas informasi yang makin terbuka memungkinkan satu golongan masyarakat cepat bereaksi.
d. Masalah Sara mempunyai kecenderungan menggandakan dirinya dari persoalan kecil menjadi besar.
e. Presiden mengemukakan konflik sara pada acara Seminar Nasional Penanggul di Makasar.
16.Topik paragraf tersebut adalah....
A.kekuatan hukum
B. penanggulangan konflik
C. aksebilitas informasi
D. disintegrasi bangsa
E. konflik sara
17. Kalimat berikut yang termasuk kalimat majemuk setara (koordinatif) adalah ........
a. Kami akan datang jika ada suatu undangan dan tugas dari kepala sekolah.
b. Mereka tidak mengakui perbuatannya karena tidak ingin namanya tercemar.
C.Gadis itu sangat cerdas, parasnya cantik, dan disenangi teman-temannya.
d. Gemuruh mempercepat hari menjadi gelap sehingga membuat pekerjaannya tidak selesai.
e. Orang yang kemarin datang ditangkap polisi karena kasus penipuan.

18.Ada tahap persiapan pementasan drama, seorang sutradara melakukan seleksi untuk memilih pemeran yang sesuai dengan peran yang akan dimainkan. Tahapan ini di sebut….
a. Akting
b. Casting d. Editing
c. Bloking e. Lighting

19. Pemerintah akan menindak tegas pelaku perusakan hutan. …pelaku perusakan tampaknya tak mempadulikannya. Kata penghubung yang tepat untuk menghubunhgkan kedua kalimat diatas adalah…
a.Jadi,
b. Dengan demikian, d. Akan tetapi
c. Kebalikannnya, e. Oleh karena itu

20. Satilawati : Pengecut! Sedikit diserang kritik orang, engkau hendak melarikan diri. Untuk menjaga nama supaya jangan merosot. Aku sudah maklum.
Ishak : (sambil menunjuk keluar) Pergi daripadaku. Engkau boleh memusuhi aku. Untuk cita – cita aku bersedia mengorbankan segalanya juga cintaku.
Watak tokok Ishak dalam penggalan drama di atas adalah….
a. Pemarah
b. Pembual
c.Pemberani
d. Sombong
e. Tidak bertanggung jawab

21. Kalimat dalam teks drama yang di tulis dalam kurung, tidak didialogkan, melainkan di aktingkan disebut….
a. Monolog
b. Pantomim
c. Prolog
d. Wacanang
e. Kramagung

Perhatikan kutipan novel berikut!
Papi mendadak menjadi tua. Dan lebih pendiam lagi dari semula. Tawaran dari Pangeran Hendraningrat untuk mengungsi ke rumahnya ditolaknya halus. Agaknya hati Papi sudah ikut runtuh pula dengan KNIL. Bahkan, Papi lalu pindah ke sebuah rumah kecil di kampung Patrabangsan. Hanya Mami yang sering ke Sala, sekedar berdagang apa yang dapat dijadikan sumber nafkah ketika itu. Kawan-kawan lama anak kolong semakin tercerai-berai. Papi tak banyak bicara tentang situasi, tetapi aku tahu ia menunggu kemenangan Sekutu dan kembalinya pemerintah Belanda. Orang-orang kampung Plengkung tahu Papi bekas kapten KNIL, orang berpangkat tinggi untuk ukuran masa itu. Tetapi, karena Papi biasa saja ikut hidup gotong royong dengan mereka, hidup kami tenteram terlindung. Bahkan, dapat dikatakan tak tampak, tenggelam. Rumah kami kecil tersembunyi di belakang bekas rumah opsir Belanda yang dulu berpangkat mayor dan yang tentunya sekarang didiami seorang perwira Jepang.
Burung- burung Manyar, Y.B. Mangunwujaya
22. Isi kutipan novel tersebut adalah ….
a. kekuatan seorang tokoh cerita dalam menghadapi pemerintahan Jepaang
b. kesemangataan tokoh cerita terhadap perjuanggan meraih kemerdekaan
c. kekecewaan seorang tokoh cerita atas kekalahan pemerintahan Belanda
d. kebencian seorang tokoh cerita terhadap kekuasaan zaman Jepang
e. pengharapan seorang tokoh cerita atas kembalinya pemerintahan Belanda

24. Amanat pengarang yang tersirat dalam kutipan novel tersebut adalah …
a. Berjuanglah dengan sepenuh hati demi persatuan bangsa Indonesia
b. Raihlah kemerdekaan dengan semangat juang menghadapi musuh.
c. Usirlah penjajah bangsa Indonesia dengan mempersatukan bangsa.
d. Janganlah mengkhianati bangsa sendiri demi kebahagiaan diri sendiri.
e. Bersatu padulah dalam menghadang musuh agar kita menang.


24. Bacalah bacaan berikut.
Tahap pelaksanaan Pilkada meliputi penetapan daftar pemilih, pengumuman pendaftaran dan penetapan sangan calon, kampanye, masa tenang, pemungutan suara,penghitungan suara, penetapan pasangan calon terpilih, serta pengusulan pasangan calon terpilih. Untuk menggunakan hak memilih, WNRI harus terdaftar sebagai pemilih dengan persyaratan tidak sedang terganggu jiwa/ingatannya dan tidak sedang dicabut hak pilihnya berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap. Meski telah terdaftar dalam daftar pemilih tapi pada saat pelaksanaannya ternyata tidak lagi memenuhi syarat, maka yang bersangkutan tidak dapat menggunakan hak pilihnya.
Paragraf tersebut menggunakan pola
pengembangan paragraf ....
a. naratif
b. deskriptif d. argumentatif
c. ekspositoris e. sebab-akibat

25. Bacalah paragraf berikut.
Telepon genggam sudah banyak dimiliki masyarakat. Bahkan, dalam sebuah keluarga, hampir semua anggota keluarga memilikinya. Di samping memang sudah merupakan alat komunikasi yang mudah dibawa-bawa, pengoperasian telepon pun tidak sulit dan harganya terjangkau pula. Ada kemungkinan perkembangan alat ini pesat sekali karena hal-hal tersebut. Di tambah pula karena muncul variasi bentuk, merek, dan model baru. Oleh sebab itu, sekarang barang-barang tersebut sudah tidak dianggap barang mewah lagi.Pola pengembangan paragraf tersebut adalah .....
a. naratif d. argumentatif
b. deskriptif e. sebab-akibat
c. ekspositoris



1 Henry Guntur Tarigan, "Hukuman Tradisional pada Masyarakat Karo", Piso Surit, Juni 1981, p.3.
2 Ibid. [mengacu pada karya Henry Guntur Tarigan, pada halaman yang sama].
3Andrew Hacker, "Who Killed Harry Gleason?", Atlantic, Dec. 1974, p. 53.
4 Ibid., p.55. [mengacu pada artikel Hacker, halaman berbeda] .
5 Tarigan, loc.cit p. 4 [mengacu pada artikel Tarigan, halaman berbeda] .
6 Ibid, (mengacu pada artikel Tarigan, halaman sama dengan yang tertera pada catatan kaki 5].
7 Hacker, loc.cit p.55 [mengacu pada artikel Hacker, catatan kaki yang telah diselingi oleh karya lain
ini menuntut agar nomor halaman diberikan, sekalipun nomor halamannya sama dengan yang
terdapat pada catatan kaki 4].

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar